Sabtu, 02 Februari 2019

Lidah Buaya Bikin Berat Badan Turun? Bagaimana Bisa?

Selain untuk kecantikan, banyak orang percaya bahwa lidah buaya adalah tanaman obat yang dapat membantu menurunkan berat badan dan menjaga bentukn badan indah. Apakah ini benar atau tidak?

Lidah Buaya

Lidah buaya umumnya dikenal karena kemampuannya untuk mengatasi luka bakar ketika kulit rusak dan memiliki manfaat kecantikan yang luar biasa. Namun, hanya sedikit orang yang tahu bahwa gel dari tanaman ini memiliki kemampuan untuk menurunkan berat badan dengan sangat efektif. Minum air ini dapat meningkatkan laju metabolisme, meningkatkan fungsi pencernaan, membakar lemak dan kelebihan kalori.

Gel lidah buaya terbuat dari lidah buaya, sejenis tanaman sukulen. Menurut Institut Kesehatan Lingkungan Nasional (NIEHS), daun tanaman mengandung gel yang dapat digunakan untuk mengobati luka atau mengurangi luka bakar. Secara khusus, daunnya mengandung cairan yang bisa dibuat jus atau dikeringkan dan digunakan langsung sebagai pengganti obat pencahar.

Daun lidah buaya yang mengandung senyawa antrakuinon, juga dikenal sebagai aloin, memiliki sifat pencahar yang tinggi.

Apakah jus lidah buaya menyehatkan?


Beth Warren, presiden dan pendiri Beth Warren Nutrition Association dan co-author Secrets of a Kosher Girl, mengatakan lidah buaya mengandung polifenol, senyawa antioksidan yang kuat. Penelitian juga menunjukkan bahwa tanaman ini memiliki sejumlah besar vitamin A, C, E, vitamin kelompok B dan enzim anti-inflamasi, sterol tumbuhan. Oleh karena itu, secara teoritis mereka sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Namun, sebenarnya ada dua jenis lidah buaya. Jus yang berasal dari gel di daun lidah buaya dan dicampur dengan gula, sedangkan yang lain ditekan langsung dari daun.

Jus yang terbuat dari gel lidah buaya sebenarnya bisa mengandung banyak gula. Beberapa produk mengandung hampir 6 sendok teh gula di setiap cangkir, jadi air ini lebih seperti air tawar daripada air yang sehat. Efek pencahar dalam jus lidah buaya ini juga menghilang sehingga Anda bisa menikmatinya tanpa harus khawatir tentang masalah pencernaan.

Sementara itu, jus murni dari daun lidah buaya sering dijual sebagai suplemen di toko-toko kesehatan. Jelas, air ini memiliki potensi untuk meningkatkan kesehatan pencernaan dan pencahar.

Orang tidak boleh mengkonsumsi botol jus lidah buaya murni. Sebagai gantinya, gunakan dengan jus lain. Beberapa produk disiapkan dalam bentuk bubuk untuk memudahkan orang menggunakan dan menambahkan beberapa bahan lain seperti stevia.

Sebelum meminumnya, Anda harus menyadari bahwa jus daun lidah buaya murni dianggap sebagai suplemen dan tidak diatur oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan. Oleh karena itu, selain membawa banyak manfaat kesehatan, produk ini juga dapat menimbulkan beberapa efek samping yang tidak diinginkan.

Apakah jus lidah buaya membantu menurunkan berat badan?


Bahkan, menggunakan jus lidah buaya akan membuat Anda sering ke kamar mandi, yang dapat menyebabkan dehidrasi sementara dan pengurangan berat badan. Namun, ini bukan ukuran penurunan berat badan dan harus diterapkan untuk waktu yang lama.

Pada saat yang sama, jika Anda secara teratur menggunakan lidah buaya gula tinggi, berat badan Anda akan bertambah.

Haruskah saya minum jus lidah buaya untuk menurunkan berat badan?


Menurut Warren, jika Anda menggunakan obat pencahar untuk menurunkan berat badan, ini akan berdampak besar pada kesehatan Anda dan dapat mengganggu kebiasaan makan Anda.

Jika Anda tertarik mengonsumsi lidah buaya sebagai obat pencahar alami, bicarakan dengan dokter Anda untuk membatasi efek samping yang tidak diinginkan. Pencahar dapat memengaruhi penyerapan dan berinteraksi dengan obat lain yang Anda gunakan. Sementara itu, menurut Mayo Clinic, lidah buaya dapat menyebabkan sakit perut dan diare. Menggunakan sejumlah besar lidah buaya juga mempengaruhi kesehatan dengan cukup serius, termasuk menghancurkan fungsi ginjal.

Jika Anda masih ingin memilih gel ini, Anda dapat mencoba menggunakan beberapa produk kemasan lidah buaya. Untuk menghindari penambahan berat badan dan peningkatan penyerapan vitamin A, C, E dan B, Anda harus memilih produk yang rendah gula.

Posted by: Hiidoc
Disqus Comments