Selasa, 20 November 2018

Pertolongan Pertama Saat Maag Kambuh

Penyakit maag memang bisa kambuh kapan saja, apalagi jika penderita kurang menjaga pola makan dan gaya hidup. Kali ini admin akan memberikan tips bagaimana pertolongan pertama saat maag kambuh yang mudah dilakukan.

Pertolongan Pertama Saat Maag Kambuh

Maag merupakan masalah pencernaan yang cukup umum. Sakit maag biasanya disebabkan oleh makananan yang dikonsumsi, pola makan/gaya hidup yang kurang tepat, atau bisa juga akibat dari beberapa penyakit seperti batu empedu, radang usus, infeksi lambung, dan penyakit terkait lainnya.

Maag sebetulnya bukanlah penyakit, melainkan istilah yang digunakan untuk menggambarkan sekelompok gejala maag, seperti:

  • Sensasi panas di perut
  • Mual/muntah
  • Perut kembung
  • Sering bersen­dawa
  • Nyeri ulu hati 
  • Refluks (kembalinya makanan atau cairan dari lambung ke kerongkongan)
  • Merasa cepat kenyang ketika makan dan rasa kenyang berkepanjangan setelah makan
  • Dan masih banyak lagi

Adapun tingkat gejala yang dirasakan mulai dari ringan, parah, hingga sering kambuh, hal ini tergantung penyebab yang mendasarinya. Lalu, bagaimana cara mengatasi maag kambuh tanpa obat?

Pertolongan pertama saat maag kambuh


Saat maag kambuh apa yang harus dilakukan?

1. Minum air putih

Saat gejala maag kambuh, hal pertama yang bisa anda lakukan adalah meminum air putih secara perlahan. Minum air putih dapat bermanfaat untuk meringankan gejala pada lambung.

2. Mengunyah permen karet

Cara yang kedua adalah mengunyah permen karet. Tapi tidak semua permen karet bermanfaat untuk sakit maag.

Jenis permen karet yang dianjurkan adalah permen karet bikarbonat rendah gula yang bisa Anda temukan di apotek. Manfaat mengunyah permen karet berkarbonat ini tidak hanya meningkatkan produksi air liur, namun ia juga dapat mencegah asam lambung naik.

Disisi lain, perment karet dengan rasa mint sebenarnya tidak dianjurkan untuk penderita asam lambung. Dilansir dari laman Healthline, perment mint justru dapat membuka sfringter (lingkaran otot) kerongkongan bagian bawah yang akan menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan sehingga memicu gejala kenaikan asam lambung.

3. Makan buah-buahan

Makanan saat maag kambuh yang paling tepat tentu saja buah-buahan. Buah-buahan seperti pepaya, semangka, pisang, pir, melon, dll kecuali jeruk, sangat bagus untuk sistem pencernaan.

4. Berdiri ketika maag kambuh

Jika maag kambuh saat sedang duduk, cobalah sesekali untuk berdiri. Berdiri ketika maag kambuh dapat meregangkan otot-otot perut sehingga gejala sakit maag bisa sedikit mereda.

5. Periksa ikat pinggang

Jika ikat pinggang atau celana anda terlalu ketat, cobalah untuk sedikit melonggarkannya agar perut terasa lebih nyaman dan menghilangkan nyeri maag.

6. Posisi tidur saat maag

Usahakan tinggikan posisi kepala saat anda tidur. Ini dilakukan untuk mencegah refluks asam lambung. Selain itu, Anda juga dapat mengubah posisi tidur ke sisi kiri untuk menghindari maag kambuh saat malam hari.

Itulah beberapa cara mengatasi maag bila tiba-tiba kambuh. Sementara itu, jika sakit maag yang anda alami berkelanjutan, Anda bisa mencoba mengonsumsi 2-3 sendok makan qnc jelly gamat 1 jam sebelum makan atau ketika maag kambuh.

Qnc jelly gamat adalah obat herbal multikhasiat yang terbuat dari extract teripang emas. Extract teripang emas ini mengandung banyak manfaat untuk pencernaan, termasuk untuk membantu mengatasi sakit maag.
**Perlu diketahui, produk ini tidak tersedia di apotek manapun dan kami selaku distributor tidak menjualnya secara bebas, tujuannya untuk menjaga kualitas dan keaslian produk agar bisa terjamin hingga ke tangan anda. Untuk informasi selengkapnya silakan klik: Qnc jelly gamat

Baca juga: Cara menghilangkan syringoma secara alami

Posted by: https://hiidoc.blogspot.com
Disqus Comments