Senin, 03 Desember 2018

Dampak Polusi Udara yang Bisa Menyebabkan Kematian

Dampak Polusi Udara yang Bisa Menyebabkan Kematian

Menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dari kota dan wilayah yang paling tercemar, kawasan Mediterania timur dan Asia Tenggara memiliki polusi udara terburuk di dunia. India sendiri menempati urutan teratas dengan enam dari kota-kotanya berada di 10 kota paling tercemar di dunia.

Ada banyak faktor yang menyebabkan situasi buatan manusia yang sangat besar ini. Asap yang dihasilkan oleh mobil, bus dan pesawat udara berkabut di udara terutama di kota-kota besar.

Pembakaran hutan serta pembakaran terbuka menyebabkan beberapa kekacauan pada kondisi udara secara langsung. Selain itu, asap tanpa filter dari pabrik dan fasilitas industri juga mempengaruhi kualitas udara yang kita andalkan.

Dampak polusi udara

Gas berbahaya seperti karbon monoksida dan nitrogen dioksida dapat menyebabkan banyak penyakit pada manusia. Bahkan, 1 dari 9 kematian terjadi di seluruh dunia yang disebabkan oleh polusi udara saja.

1,4 juta kematian terjadi setiap tahun akibat stroke dan 2,4 juta kematian terjadi karena penyakit jantung. WHO menyebutkan bahwa negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah memiliki eksposur tinggi terhadap polusi udara daripada negara-negara berpenghasilan tinggi.

Orang-orang yang terkena polusi udara baik polusi luar ataupun rumah tangga berada pada risiko tinggi memiliki penyakit kronis lainnya seperti kanker paru-paru dan infeksi pernapasan termasuk pneumonia.

Cara yang dapat membantu mengurangi polusi udara

Ada beberapa cara yang dapat kita terapkan untuk setidaknya mengurangi risiko memiliki penyakit seperti itu serta menjaga kesejahteraan bumi.

Pertama, gunakan dan dorong orang lain untuk menggunakan angkutan umum listrik yang disediakan di kota alih-alih mengendarai mobil pribadi. Ini membantu mengurangi partikel halus di udara yang tercemar.

Metode kedua yang membantu mengurangi asap adalah dengan menggunakan sumber energi terbarukan seperti turbin angin seperti yang diterapkan oleh Perancis dan Kanada untuk menghasilkan energi atau menggunakan energi matahari yang dipanen dari cahaya matahari seperti yang dilakukan Jerman dan Cina.

Ketiga, berubah dari bahan bakar diesel menjadi gas alam terkompresi (CNG) untuk mengurangi emisi karbon dioksida. Bahan bakar diesel melepaskan lebih banyak karbon hitam yang membuat lingkungan lebih tercemar. Selain itu, CNG dapat menggantikan solar,

Bencana alam sering terjadi setiap kali aktivitas yang tidak alamiah tidak terkendali dan memang mempengaruhi kehidupan manusia. Sejarah mengajarkan kepada kita bahwa beberapa dekade yang lalu kapan saja reaktor nuklir ditutup di Chernobyl Nuclear Facility di Ukraina, zat radioaktif tersebar di udara dan menyebabkan 4000 kematian akibat kanker yang terkait dengan udara yang tercemar di sekitar fasilitas nuklir itu.

Perawatan lingkungan sangat penting untuk menjaga kesejahteraan planet bumi itu sendiri dan kualitas kehidupan manusia yang baik.

Posted by: Hiidoc
Disqus Comments