Kamis, 22 November 2018

Manfaat Buah Kiwi untuk Kolesterol Tinggi

Manfaat Buah Kiwi untuk Kolesterol - Para penderita kolesterol sangat peduli tentang apa yang seharusnya dimakan dan tidak boleh mereka makan. Biasanya, penderita kolesterol tinggi harus menjalani diet ideal dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan yang mengandung gandum, kacang, kedelai, dan sterol yang memang membosankan jika dikonsumsi setiap hari.

Tapi kabar baiknya adalah ada banyak makanan lain yang dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi dan rasanya cukup enak, salah satunya yaitu buah kiwi.

Manfaat Buah Kiwi untuk Kolesterol

Manfaat Buah Kiwi untuk Kolesterol


Sebuah studi tahun 2009 yang diterbitkan dalam “International Journal of Food Sciences and Nutrition” mencatat bahwa makan dua buah kiwi dalam sehari selama sepuluh minggu dapat secara signifikan membantu menurunkan tingkat LDL (kolesterol buruk) serta meningkatkan tingkat HDL (kolesterol baik). Para peneliti tersebut juga menyimpulkan bahwa mengonsumsi kiwi dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Studi lain yang diterbitkan pada tahun 2013 dalam “British Journal of Nutrition,” menunjukkan bahwa dengan menambahkan dua buah kiwi ke dalam diet harian dapat menurunkan jumlah kolesterol keseluruhan dan meningkatkan HDL (kolesterol baik).

Kandungan buah kiwi


Lemak jenuh

Lemak jenuh adalah faktor utama yang mempengaruhi jumlah LDL dalam tubuh kita. Mengkonsumsi makanan yang rendah lemak jenuh dapat menurunkan kolesterol. Buah kiwi yang berukuran lima sentimeter mengandung 0,36 gram lemak dan hanya 0,02 gram lemak jenuh. Jumlah ini kurang dari 1% dari batas untuk orang dewasa pada diet 2.000 kalori.

Serat

Serat makanan, terutama serat larut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Setelah dikonsumsi, serat larut menyerap air dalam sistem pencernaan untuk membentuk gel kental. Lapisan gel ini mencegah usus menyerap kolesterol. Dalam satu buah kiwi, terdapat sekitar 0,7 gram serat larut dan total 1,7 gram kandungan serat secara keseluruhan. Jumlah ini setara dengan setengah cangkir kale yang dimasak, satu cangkir seledri mentah atau tiga sendok makan bibit gandum.

Bagaimana cara mendapatkan manfaat buah kiwi?

Dalam perubahan gaya hidup yang disarankan oleh NIH (National Institutes of Health), jika seseorang ingin menurunkan kadar kolesterol dalam darah, diet hariannya harus mencakup 2 hingga 4 porsi buah segar, beku, kering atau kalengan (bebas gula lebih disarankan). Satu porsi kiwi sama dengan setengah secangkir irisan kiwi segar atau kiwi berukuran sedang.

Anda dapat memotongnya menjadi potongan-potongan kecil, campur dengan yogurt rendah lemak untuk sarapan yang lezat atau kombinasikan dengan sayuran lain atau cukup nikmat sebagai makanan penutup yang sehat setelah makan malam.

Baca juga: Telapak kaki bolong kecil dan bau 

Posted by: hhttps://hiidoc.blogspot.com
Disqus Comments