Sabtu, 24 November 2018

Cara Mengobati Asam Lambung secara Alami

Penyakit asam lambung adalah kondisi umum yang menyebabkan sejumlah gejala seperti nyeri ulu hati, sensasi panas di tenggorokan, mulas, dan sebagainya. Jika anda mengalami kondisi tersebut, kali ini admin akan memberikan informasi tentang bagaimana cara mengobati asam lambung.

Cara Mengobati Asam Lambung

Penyakit asam lambung terjadi ketika cairan asam lambung naik ke tenggorokan. Selain menimbulkan gejala, cairan yang bersifat asam itu dapat merusak lapisan kerongkongan dan mengakibatkan peradangan.

Anda sebaiknya tidak boleh menyepelekan kondisi tersebut, karena jika itu terjadi maka gejala yang dirasakan akan lebih buruk. Anda mungkin akan merasakan tenggorokan sakit saat menelan, sering tersedat saat makan, suara menjadi serak, batuk kronis, dan gejala lainnya. Berikut adalah gejala umum asam lambung.

Gejala asam lambung


  • Nyeri ulu hati
  • Sensasi panas di tenggorokan/dada
  • Mulas
  • Perut kembung dan sering bersendawa
  • Bau nafas tidak sedap
  • Jumlah air liur meningkat tiba-tiba

Seiring berjalannya waktu, penyakit asam lambung juga sebetulnya bisa berbahaya, terutama jika dibiarkan terus menerus. Berikut adalah beberapa bahaya dari penyakit asam lambung.

Bahaya asam lambung


Esofagitis: esofagitis adalah kondisi dimana kerongkongan mengalami iritasi dan pembengkakan akibat cairan asam lambung naik.

Striktur esofagus: striktur esofagus terjadi ketika esofagitis berlangsung cukup lama. Striktur esofagus dapat menyebabkan penyempitan kerongkongan, sehingga Anda mungkin akan mengalami kesulitan atau sakit saat menelan.

Masalah tenggorokan dan suara: selain nyeri ulu hati dan sensasi panas, penyakit asam lambung juga dapat menyebabkan masalah tenggorokan dan suara, seperti suara serak, sakit tenggorokan, batuk kronis, hingga merasakan adanya benjolan di dalam tenggorokan. 

Masalah pernapasan: asam dapat memicu refleks saraf, yang menyebabkan penyempitan saluran pernapasan dan mencegah asam memasuki tenggorokan. Hal ini dapat menimbulkan gejala asma atau memperburuk gejala asma.

Kerusakan gigi: asam lambung yang naik ke tenggorokan hingga ke mulut dapat mengikis enamel gigi atau lapisan luar gigi yang keras. Akibatnya, gigi pun rentan kerusakan. Kondisi ini biasanya jarang disadari sebelum kerusakan mencapai stadium lanjut.

Ulkus esofagus: asam lambung dapat mengikis lapisan esofagus hingga menyebabkan luka atau bisul di dalam kerongkongan. Jika ini terjadi, Anda mungkin akan mengalami mual, muntah darah atau terdapat darah pada feses.

Barret esofagus: jika dibiarkan selama bertahun-tahun tanpa diobati, asam lambung naik dapat menyebabkan perubahan prakanker dalam sel, suatu kondisi yang dikenal sebagai barret esofagus. Kondisi ini jarang menimbulkan gejala, namun dokter dapat mendiagnosisnya dengan melakukan endoskopi.

Kanker esofagus: dalam kasus yang sangat serius, asam lambung kronis dapat menyebabkan kanker kerongkongan. Tanda-tanda kanker kerongkongan yaitu penurunan berat badan, nyeri di dada, dan sulit menelan. Bahkan tanda-tanda ini baru muncul setelah penyakit mencapai tahap lanjut yang sudah sulit untuk diobati.

Apakah asam lambung mematikan?


Penyakit asam lambung tidak secara langsung menyebabkan kematian, namun asam lambung naik bisa menyebabkan komplikasi yang berujung maut. Salah satu penyakit asam lambung yang dapat berujung maut adalah GERD (Gastroesophageal Reflux Disease).

GERD dapat dianggap sebagai gejala kronis pencernaan. Istilah ini mengacu pada refluks atau kembalinya isi perut (makanan atau cairan asam lambung) ke kerongkongan. Seiring waktu, peradangan kronis di kerongkongan akibat GERD juga mengacu pada berbagai komplikasi medis, beberapa di antaranya menyebabkan masalah serius yang bisa berujung kematian.

Apakah kepala pusing saat asam lambung naik merupakan tanda bahaya asam lambung?

Selain nyeri ulu hati dan sensasi panas, penyakit asam lambung juga menyebabkan gejala mual atau muntah. Jika kondisi ini terjadi cukup sering, maka nutrisi yang akan diserap tubuh menjadi berkurang. Akibatnya kadar gula darah rendah. Pusing dan sakit kepala adalah gejala gula darah rendah dan dalam kasus yang parah kondisi ini bisa menyebabkan pingsan.

Selain alasan diatas, POT atau Postural Orthostatic Takikardia Syndrome adalah kondisi otonom yang memiliki gejala mual, pusing dan sakit kepala. Ini adalah kondisi yang mempengaruhi sistem saraf vegetatif yang mengendalikan pencernaan, sistem pernapasan dan organ utama. Denyut jantung Anda mungkin meningkat dengan cepat ketika bergerak dari posisi duduk ke berdiri yang juga bisa menyebabkan pusing bahkan pingsan.

Beberapa penderita juga mungkin pernah mengalami jantung berdebar saat asam lambung kambuh.

Jantung berdebar atau dalam istilah medis disebut palpitasi, merupakan kondisi yang terjadi ketika irama jantung berdetak lebih cepat dari keadaan normal. Kondisi ini bisa terjadi kapan pun dan memiliki banyak penyebab.

Dilansir dari laman Healthline, penyakit asam lambung sebenarnya tidak memiliki keterkaitan langsung dengan kinerja jantung, terlebih rasa berdebar yang tidak normal pada jantung.

Akan tetapi, saat penyakit asam lambung Anda kambuh, biasanya muncul perasaan cemas yang berlebihan. Hal inilah yang diduga menjadi penyebab jantung Anda berdebar.

Penyebab asam lambung


Penyakit asam lambung umumnya disebabkan oleh makanan. Jenis makanan penyebab asam lambung diantaranya sebagai berikut:

Makanan Pedas

Makanan pedas dapat mengiritasi lapisan esofagus dan menyebabkan nyeri ulu hati. Jika Anda tetap ingin mengonsumsi makanan pedas, anda dapat mengganti cabai dengan bahan yang tidak lebih pedas, seperti merica, atau mengganti saus cabai dengan saus tomat. Tapi apapun alasannya, sebaiknya anda hindari jenis makanan ini untuk sementara waktu.

Makanan berminyak

Makanan berminyak dapat memperlambat proses pencernaan sehingga akan terjadi peningkatan tekanan yang membuat sakit perut dan buncit. Beberapa jenis makanan yang sebaiknya dikurangi atau dihindari diantaranya: alpukat, kacang, keju, daging, keripik, gorengan, kue kering dengan kadar lemak tinggi, brownies, donat, gorengan, daging merah.

Minuman beralkohol

Minuman beralkohol dapat berisiko menyebabkan asam lambung naik akibat melemahnya stingfer esofagus. Stingfer esofagus adalah bagian yang berfungsi untuk mencegah asam lambung naik/keluar dari lambung.

Buah atau sayur yang bersifat asam

Buah atau sayur yang bersifat asam, seperti: jeruk, lemon, anggur, atau buah asam lainnya dapat menyebabkan asam lambung naik. Begitu juga dengan tomat atau salad yang ditambahi cuka. Oleh karena itu, sebaiknya anda tidak mengonsumsi buah atau sayur jenis ini, terutama saat perut kosong.

Peppermint

Peppermint atau jenis makanan dengan rasa menthol sebaiknya tidak dikonsumsi, karena dapat melemaskan otot stingfer esofagus sehingga dapat memicu asam lambung naik.

Bawang putih dan bawang bombay

Sebagian penderita mengalami rasa tidak nyaman saat mengonsumsi bawang putih dan bawang bombay, atau makanan olahan yang menggunakan jenis bawang ini. Itu kemungkinan kandungan bawang bisa memicu risiko asam lambung memburuk.

Kafein

Sebagian penderita bisa mengalami gejala asam lambung naik dan sebagian lainnya hanya merasakan ketidaknyamanan ketika mengonsumsi jenis minuman ini. Jadi, sebaiknya hindari juga minuman yang mengandung kafein.

Cokelat

Sama seperti peppermint dan alkohol, cokelat dapat menyebabkan otot stingfer esofagus melemah sehingga risiko asam lambung meningkat.

Minuman bersoda

Minuman bersoda dapat menyebabkan perut kembung sehingga meningkatkan tekanan pada otot sfingter esofagus dan menaikkan asam lambung.

Makanan yang mengandung banyak gas

Buah apel, persik, pir, mangga, plum, asparagus, kubis, seledri, jagung manis, dan brokoli mengandung banyak gas. Meski demikian, kandungan serat larut di dalamnya juga dibutuhkan oleh tubuh, jadi jangan menghindari makanan ini, tapi aturlah porsinya.

Selain makanan, asam lambung juga dapat dipicu oleh beberapa hal, diantaranya:


Kebiasaan kita mengonsumsi makanan

Meski terlihat sepele, namun cara kita mengonsumsi makanan bisa mempengaruhi kinerja organ lambung. Kadar asam lambung dapat meningkat jika anda mengonsumsi makanan terlalu cepat atau makan terlalu banyak.

Selain itu, keseringan minum saat makan juga tidak baik bagi pencernaan. kenapa? Karena ia bisa melemahkan asam klorida yang berfungsi memecah makanan di lambung, dan juga bisa mengakibatkan perut kembung atau gangguan pencernaan lainnya.

Jadi, sebaiknya atur pola makan anda dengan benar. Mengonsumsi makanan dalam jumlah kecil tapi sering lebih disarankan bagi penderita asam lambung.

Pengaruh gaya hidup

Gaya hidup memiliki peran yang sangat besar bagi kesehatan. Anda mungkin tidak sadar bahwa gaya hidup yang terlihat biasa ternyata memiliki efek buruk untuk asam lambung.

Contoh gaya hidup yang bisa memicu penyakit asam lambung antara lain: jarang berolahraga, kebiasaan merokok, kurang minum air mineral, kurang beristirahat.

Sebaiknya ubah pola hidup anda, dan hindari beberapa kebiasaan buruk yang bisa mempengaruhi kesehatan tubuh dan juga lambung anda.

Stres

Stres tidak hanya meningkatkan tekanan darah seseorang, tetapi juga menyebabkan otot lambung berkontraksi. Hal ini dapat mendorong isi perut atau asam lambung menuju LES, hingga menimbulkan gejala asam lambung.

Selain itu, ketika otak berjuang untuk menahan stres, ia memiliki sedikit energi yang tersisa untuk mengatur sistem tubuh lainnya. Hal tersebut berdampak pada sistem pencernaan. Lambung dapat menghasilkan lebih banyak asam ketika seseorang gelisah dan ini dapat menyebabkan mereka mengalami gejala mulas.

Alasan lain kenapa stres memperburuk asam lambung adalah karena perasaan yang tidak jelas (ansietas) dapat memicu hormon yang mengatur sistem pencernaan menjadi tidak seimbang. Akibatnya makanan bergerak lebih lambat melalui sistem pencernaan dan tubuh tidak dapat menyerap nutrisi utama. Baca juga: Pertolongan pertama saat maag kambuh

Cara mengobati asam lambung


Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mengobati asam lambung, mulai dari cara alami hingga mengonsumsi obat kimia.

Anda dapat mencoba kedua cara tersebut, Tapi alih-alih sembuhkan gejala asam lambung dengan cepat, obat kimia biasanya menyebabkan ketergantungan. Anda mungkin harus selalu membeli obat asam lambung di apotik untuk meringankan gejala yang kambuh.

Sementara itu, cara alami adalah pilihan terbaik, karena selain lebih murah, ini juga lebih aman dan tidak menyebabkan ketergantungan.

Anda bisa mencoba membuat ramuan obat asam lambung dari beberapa bahan alami seperti kunyit, tepung beras, daun cincau, jahe, madu, dan masih banyak lagi.

1. Menggunakan kunyit

Cara mengobati asam lambung dengan kunyit cukup mudah, anda hanya perlu menghaluskan 2-3 rimpang kunyit lalu campur dengan air hangat, buang ampasnya dan minum secara teratur. Cara ini cukup efektif jika dilakukan dengan telaten. Bagi wanita hamil, penderita diabetes, atau orang yang memiliki alergi sebaiknya tidak menggunakan kunyit karena dikhawatirkan bisa menimbulkan efek samping.

2. Menggunakan daun cincau

Manfaat daun cincau untuk asam lambung juga telah terbukti cukup efektif. Cara membuatnya, silakan siapkan 80gr daun cincau tua atau sekitar satu genggaman, bersihkan dengan air mengalir, lalu remas-remas di dalam wadah sambil menambahkan air sedikit demi sedikit, setelah selesai, saring ampas dan tuangkan air nya ke dalam gelas, minum secara teratur 3 kali sehari.

3. Menggunakan jahe

Cara membuat minuman jahe untuk asam lambung, silakan siapkan bahan-bahanya seperti 2 ruas jahe ukuran besar, 0,5 tangkep gula jawa, 1 liter air, dan sejumput garam. Setelah itu, perhatikan cara membuatnya:

  • Cuci bersih jahe. Lalu bakar sampai baunya keluar. 
  • Tuangkan air ke panci, lalu masak pakai api sedang. 
  • Geprek jahe yang sudah dibakar, dan masukkan ke air yang sudah dimasak. 
  • Tunggu sampai mendidih lalu tambahkan gula dan sedikit garam. 
  • Jika gula sudah larut, tes rasa. Kalo udah pas, diamkan beberapa saat lalu matikan apinya. 
  • Sajikan wedang jahe di cangkir atau gelas. Jangan lupa disaring biar jernih.

4. Menggunakan tepung beras

Tepung beras bisa anda gunakan untuk membantu cara mengobati asam lambung dengan cepat. Caranya, siapkan tepung beras dan gelas ukuran 200ml, lalu isi dengan air matang setengah gelas (jangan air panas), setelah itu masukan 2 sendok makan tepung beras dan aduk hingga merata, minum setiap pagi atau sebelum makan secara rutin dan teratur

5. Menggunakan madu

Cara mengatasi asam lambung naik ke dada bisa diatasi dengan mengonsumsi madu. Tips mengonsumsi madu herbal untuk asam lambung:

  • Silahkan konsumsi madu 1 jam sebelum makan
  • Minumlah madu secara langsung tanpa campuran apapun agar nutrisi nya tetap terjaga.
  • Pastikan sendok yang digunakan berbahan plastik atau terbuat dari kayu.
  • Untuk dewasa idealnya 2×3 sendok makan perhari dan anak-anak 2×2 sendok teh perhari.
  • Tidak mencampurkan madu dengan air panas atau ramuan lain yang mengandung vitamin C dan D.

6. Menggunakan qnc jelly gamat

Qnc jelly gamat adalah solusi untuk masalah pencernaan Anda. Qnc jelly gamat ini merupakan produk herbal yang terbuat dari extract teripang emas dan madu. Perpaduan dari kedua bahan tersebut menghasilkan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan dan pencernaan. Selain itu qnc jelly gamat juga tidak mengandung bahan kimia, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan efek samping ataupun ketergantungan. Berikut khasiat qnc jelly gamat untuk pencernaan.


Cara konsumsinya silakan minum 2-3 sdm sebelum makan. Dosis bisa ditambahkan jika asam lambung masih sering kambuh. Obat asam lambung qnc jelly gamat juga bisa dikonsumsi bersamaan dengan obat dokter, hanya saja beri jeda waktu sekitar 1-2 jam.


Harga : Rp.155.000,-/Botol
Isi : 300ml
Legalitas : BPOM RI (POM TR 173301471)
Kode Pemesanan : BHQ

Perlu diketahui, qnc jelly gamat tidak tersedia di apotik, dan kami selaku distributor tidak menjualnya secara bebas. Tujuannya untuk menjaga kualitas dan keaslian produk agar bisa terjamin hingga ke tangan anda.

Jika berminat silakan pesan langsung pada kami, disini kami menyediakan layanan pengiriman hingga ke seluruh Indonesia dengan garansi uang kembali jika pesanan tidak sesuai, rusak, atau tidak sampai ke alamat anda.

Cara pemesanan silakan ketik:

NAMA :
ALAMAT LENGKAP :
NOMOR HP :
KODE PRODUK :
JUMLAH BOTOL :

Lalu kirim melalui sms/wa ke : 0852-1774-7994

Contoh

NAMA :
Heru Hendarin
ALAMAT :
Jl. Banjar rt22/07, Desa Cilangkap, Kec. Manonjaya, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat 46197
NOMOR HP :
0896293******
KODE PRODUK : BHQ

JUMLAH PESANAN :
5 Botol

Untuk memudahkan pemesanan, silakan klik tombol di bawah jika anda menggunakan hp.

Atau, anda juga bisa pesan melalui:


Untuk informasi selengkapnya silakan hubungi kami : 0852-1774-7994 (aktif 24 jam).

Cara mengatasi asam lambung naik ke dada


Untuk mencegah asam lambung naik ke dada, Anda sebaiknya tidak berbaring atau tidur setelah makan. Jaga posisi tubuh anda tetap tegak selama kurang lebih 30 menit - 1 jam. Proses pencernaan akan terganggu jika anda tidur setelah makan dan itu akan memperburuk gejala asam lambung.

Selain itu, ubahlah posisi tidur anda dengan meninggikan kepala. Ini dilakukan untuk mencegah asam lambung naik ke dada saat sedang tidur.

Demikian informasi yang bisa admin sampaikan tentang cara mengobati asam lambung secara total. Jika dilakukan dengan telaten, insyaallah penyakit asam lambung anda bisa sembuh.

Baca juga: Cara alami menghilangkan kantung mata

Posted by: https://hiidoc.blogspot.com
Disqus Comments