Kamis, 04 Oktober 2018

Benarkah Insomnia dapat Menyebabkan Demensia pada Orang Tua?

Demensia pada orang tua bukan hanya konsekuensi dari proses penuaan, tetapi juga karena kurangnya tidur yang terus-menerus.


Apakah Anda merasa cemas ketika orang tua berjalan atau lupa sebelum lupa? Cobalah untuk menonton kegiatan sehari-hari anak Anda karena insomnia atau kurang tidur panjang yang menyebabkan kehilangan ingatan pada orang tua. Sebaliknya, jika orang tua dapat meningkatkan kualitas tidur mereka, memori juga akan meningkat pada saat yang bersamaan.

Pentingnya tidur untuk memori

Tidur memainkan peran yang sangat penting dalam memperkuat memori serta mentransmisikan informasi dari informasi jangka pendek ke informasi jangka panjang di otak. Ketika orang yang lebih tua tidak bisa tidur nyenyak, proses konsolidasi memori akan terganggu.

Otak membentuk ingatan jangka panjang dalam produksi dua jenis gelombang elektromagnetik yang menghasilkan tidur REM. Namun, pada orang dewasa yang lebih tua, otak secara bertahap kehilangan kemampuan untuk menyinkronkan dua jenis gelombang elektromagnetik yang mengarah ke insomnia.

Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh University of California (Berkeley) menemukan bahwa ada hubungan antara kapasitas memori dan kualitas tidur. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa jika kualitas tidur membaik, gejala demensia akan diminimalkan.

Bagaimana tidur memengaruhi memori?

Ketika kita bangun, hippocampus di tulang frontal membentuk ingatan jangka pendek dari informasi yang diterima tubuh. Otak menyimpan informasi itu dalam bentuk elektronik dan kemudian membuatnya kembali saat tidur dan mentransfernya ke memori jangka panjang.

Seperti yang Anda ketahui, untuk menciptakan tidur nyenyak otak Anda perlu menghasilkan dua jenis gelombang elektromagnetik yang memiliki koordinasi ritmik. Sebuah studi baru yang diterbitkan hari ini di jurnal Neuron menunjukkan bahwa para spesialis telah memantau aktivitas dua gelombang ini dalam tidur orang-orang dari berbagai usia. Selain itu, para peneliti meminta subyek untuk mempelajari 120 pasang kata sebelum mereka tidur.

Hasilnya menunjukkan bahwa pada subjek yang memiliki kombinasi dua gelombang dalam tidur mungkin, mereka mengingat kata-kata yang dipelajari lebih baik setelah bangun tidur. Yang luar biasa adalah gelombang elektromagnetik pada orang muda pertandingan yang sangat baik, sebaliknya, pada orang tua, tidak begitu membawa mereka tidak mengingat serta orang-orang muda bangun.

Peralatan untuk membantu orang yang lebih tua memiliki tidur nyenyak

Menurut rekan peneliti Dr Matthew Walker, dalam proses penuaan, otak secara bertahap melemah, termasuk yang membantu menciptakan dan mempertahankan tidur.

Namun, dokter menambahkan bahwa spesialis sedang meneliti dan mencari cara untuk menerapkan peralatan simulasi gelombang elektromagnetik untuk membantu membawa tidur nyenyak dan baik untuk orang tua dengan mengembalikan gelombang otak.

Bagi orang tua, risiko demensia meningkat karena insomnia dan proses penuaan. Tanpa perlu peralatan pendukung, Anda juga dapat menemukan cara untuk membantu orang tua atau kakek-nenek Anda meningkatkan kualitas tidur dengan menyiapkan kamar dan suhu yang cukup terang. Pada saat yang sama, selalu simpan udara di rumah agar tidak menimbulkan masalah bagi orang dewasa.

hiidoc.blogspot.com
Disqus Comments