Senin, 19 November 2018

Kumpulan Ramuan Tradisional Pasca Melahirkan

Mengandung selama sembilan bulan hingga proses persalinan membuat tubuh mama mengalami banyak perubahan, mulai dari bentuk tubuh, jaringan kulit, dan kondisi kesehatan lainnya. Untuk mengembalikan kondisi tubuh seperti sebelum hamil, mama perlu melakukan perawatan pasca melahirkan yang tentunya aman bagi Si Bayi. Salah satunya dengan meminum ramuan tradisional pasca melahirkan.

Meminum jamu setelah melahirkan normal sudah dilakukan sejak lama hingga sekarang. Beberapa percaya bahwa bahan alami tertentu sangat bermanfaat khususnya untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah kumpulan jamu bersalin yang bagus dan paling direkomendasikan.

Kumpulan Ramuan Tradisional Pasca Melahirkan


1. Jamu beras kencur


Jamu beras kencur memiliki banyak manfaat untuk pemulihan kesehatan mama setelah melahirkan, diantaranya membuat badan segar dan bugar, mengurangi pegal-pegal, mengembalikan stamina, memperlancar ASI, dan sebagai diet alami yang aman.

Bahan-bahan: 200 gram beras, 3 ruas kencur, 1 ruas jahe, 1 ruas kunyit,  6 gelas air, 2 buah jeruk nipis, 200 gram gula jawa, 2 sdm asam jawa, 2 lembar daun pandan, dan garam secukupnya.

Cara membuatnya: Cuci dan rendam beras selama 3 jam. Di tempat terpisah rebus air dengan jahe, asam jawa, pandan, kunyit, dan kencur, didihkan. Setelah air sedikit berkurang, angkat dan saring. Tumbuk beras hingga halus, masukan ke dalam air perasan jamu, aduk rata. Masukkan air perasan jeruk nipis dan garam. Aduk rata dan diamkan hingga beras mengendap.

Catatan : Konsumsi jamu yang tidak mengandung endapan agar lebih sehat untuk ginjal dan hati.

2. Jamu kunyit asam
Manfaat kunyit pasca melahirkan berasal dari sifat anti-inflamasi nya yang membantu mempercepat pemulihan. Selain itu, jamu kunyit juga bisa mengencangkan otot vagina yang kendur dan mengembalikan bentuk tubuh.

Bahan-bahan: 4 ruas kunyit, asam jawa secukupnya, 3 gelas air, gula jawa.

Cara membuatnya: Campur semua bahan jadi satu kemudian haluskan. Rebus bahan yang telah dihaluskan sampai mendidih. Setelah mendidih, pisahkan air dan ampas jamu dengan cara disaring. Jamu siap diminum, bisa dalam keadaan hangat atau dingin. Konsumsi setiap hari secara teratur sampai tubuh mama kembali pulih.

3. Ramuan kayu manis dan jahe


Kayu manis dan jahe adalah rempah pilihan yang bermanfaat bagi mama pasca melahirkan. Ramuan herbal ini dapat membantu memulihkan stamina dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar kembali bugar, sebab setelah melahirkan banyak tenaga yang terkuras hingga tubuh menjadi lemah.

Cara membuatnya: Campurkan air, beras, kayu manis, jahe, asam jawa, pulo sari, dan juga bengle. Rebus hingga mendidih dan langsung bisa dikonsumsi saat hangat.

4. Jamu daun pepaya
Meski kurang populer, namun daun pepaya punya banyak manfaat untuk mama setelah melahirkan, diantaranya membantu mengembalikan bentuk tubuh, mencegah demam saat nifas, melancarkan ASI, menghilangkan jerawat, dan mengatasi keputihan.

Bahan-bahan:  7 gram daun pepaya, 7 gram asam jawa, 7 gram daun sambiloto, Jinten secukupnya, 10 gram kayu rapet, 10 gram daun sendok, 7 gram daun iler, dan 2 gelas air.

Cara membuatnya: Cuci dan haluskan semua bahan, kemudian tumbuk sampai halus. Rebus air hingga mendidih, lalu masukan semua bahan, aduk sebentar dan diamkan sesaat agar sari-sarinya mengental. Angkat dan saring, jamu bisa dikonsumsi sebanyak dua kali sehari.

5. Walatra bersih wanita

Kumpulan Ramuan Tradisional Pasca Melahirkan

Untuk memudahkan mama milenial yang tidak mau ribet, kini walatra bersih wanita hadir dengan membawa segudang manfaat dan cocok dikonsumsi pasca melahirkan. Walatra bersih wanita ini terbuat bahan alami pilihan yakni kunyit, daun sirih, manjakani, dan kayu manis.

Khasiat walatra bersih wanita bisa untuk membantu membersihkan rahim, melancarkan keluarnya darah nifas, mengembalikan stamina yang hilang, mempercepat pemulihan bekas jahitan, mengencangkan otot, dan masih banyak manfaat lainnya. Silakan baca selengkapnya : Walatra bersih wanita

Penting untuk mama ketahui, minum jamu tradisional setelah melahirkan ini hanya boleh dikonsumsi setelah melahirkan normal. Sebab perempuaan yang melahirkan melalui operasi caesar dilarang meminum jamu apapun selama masa pemulihan karena berisiko terjadi komplikasi.

referensi: popmama.com

Posted by: https://hiidoc.blogspot.com

#Haruskan minum jamu setelah melahirkan?
Disqus Comments