Selasa, 29 Januari 2019

Konsekuensi Serius Jika Anak Terlalu Sering Menggunakan Smartphone

Tidak ada yang bisa menyangkal manfaat dari smartphone. Itu menjadi alat untuk membuat hidup kita lebih cepat, lebih nyaman, untuk membantu pekerjaan kita berjalan dengan cepat.

Namun, selain manfaatnya, telepon pintar dan perangkat elektronik pada umumnya juga membuat kita banyak masalah, terutama untuk anak-anak. Menurut laporan baru-baru ini oleh Childwise, anak-anak dan remaja di Inggris menghabiskan setidaknya 6,5 ​​jam sehari di depan layar - termasuk TV, laptop dan smartphone.

Anak bermain smartphone

Penyalahgunaan perangkat elektronik untuk waktu yang lama akan memiliki konsekuensi yang lebih serius daripada yang dapat Anda bayangkan. Itulah yang telah disebutkan oleh para psikolog dalam banyak penelitian terbaru.

1. Hubungan orang tua - anak-anak bisa meregang

Orang tua dan anak-anak memerlukan koneksi - ini sangat penting untuk proses membesarkan anak-anak. Namun menurut psikolog, smartphone akan menjadi sesuatu yang dapat merusak ini.

Menurut Jean Twenge, penulis buku tentang psikologi anak, sulit bagi anak-anak untuk menggunakan ponsel mereka hari ini untuk membuat mereka lebih dekat dengan orang tua mereka.

2. Membuat anak lebih sulit untuk berempati

Smartphone, laptop, dan Internet pada umumnya seperti dunia baru, dengan banyak gadget di dalamnya. Tetapi kerugiannya adalah bahwa konten yang dikirimkan mungkin tidak cocok untuk beberapa usia, seperti cyberbullying, kekerasan ...

Menurut penelitian oleh Barbara Krahé dari Universitas Potsdam (Jerman), konten seperti itu dapat membuat anak-anak menjadi kurang simpatik. Mereka secara tidak sengaja akan belajar bagaimana menerima bahwa kekerasan adalah metode yang biasa digunakan untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan.

3. Keterampilan komunikasi sosial secara perlahan memudar

Dalam bukunya, Jean Twenge menyebutkan bahwa remaja saat ini cenderung lebih banyak tinggal di dalam rumah, lebih sedikit keluar dan bersosialisasi. Hanya karena teman mereka sedang online, mereka dapat dengan mudah mengobrol melalui layar.

Yang benar adalah bahwa smartphone adalah alat yang hebat untuk berteman, tetapi membuat kontak sosial kehidupan nyata lebih sulit.

4. Sumber kecemasan, bahkan depresi

British Psychological Association pernah mengkonfirmasi penyakit mental, termasuk gangguan kecemasan, depresi terkait dengan frekuensi penggunaan ponsel cerdas.

Alasan yang diberikan adalah bahwa anak-anak yang menggunakan telepon tampaknya mengalami tekanan yang tidak terlihat, selalu ingin diperiksa pesannya, menjelajahi web setiap saat. Tekanan itu membuat mereka tidak sadar. lebih banyak dengan situasi kehidupan nyata.

5. Menyebabkan kesulitan tidur

Ini mungkin bahaya paling umum yang sudah diketahui banyak orang. Menurut penelitian Dr. Jennifer Falbe, ada hubungan antara waktu paparan layar perangkat elektronik dan kualitas tidur anak-anak.

Alasannya adalah karena cahaya biru dari layar mereproduksi matahari, akan menyebabkan hormon melatonin di otak menjadi terhambat. Ini adalah hormon yang mengingatkan kita bahwa sudah waktunya tidur, sehingga akan membuat kantuk lebih lambat.

Akibatnya, anak-anak akan begadang, sehingga memengaruhi belajar, kesadaran, bahkan membuat mereka lebih gegabah.

6. Salah satu penyebab obesitas

Menurut sebuah studi pada tahun 2017 oleh Universitas Harvard, penyalahgunaan ponsel pintar adalah salah satu penyebab utama obesitas pada anak.

Tidak sulit untuk menjelaskan fenomena ini. Ketika seorang anak menghabiskan terlalu banyak waktu menggunakan telepon, jumlah waktu yang dihabiskan untuk bergerak dan berkomunikasi dengan teman lebih pendek. Selain itu, ada kecenderungan untuk menunjukkan bahwa pengguna akan makan atau minum permen selama penggunaan, menyebabkan penumpukan lemak.

7. Gangguan perilaku

Sejumlah penelitian telah menunjukkan hubungan antara waktu yang dihabiskan menggunakan perangkat elektronik dan dinamika dinamika yang meningkat atau menurun, sehingga menyebabkan hubungan teman dan keluarga menjadi terganggu.

Posted by: Hiidoc

Referensi: BS, VT.co
Disqus Comments